Minggu, 25 Juli 2010

Hyundai Trajet 2004


Merk: Hyundai
Model: Trajet 2.0 GLS
Transmisi: 5 M/T
Tahun Pembuatan: 2004
Harga Baru (pada saat punya/tes): +/- 185juta(CMIIW)
Harga Second (pada saat penulisan ulasan): +/- 85 juta(CMIIW)

Spesifikasi Kendaraan:
ABS EBD AirBag PW PS seat belt pre-tensioners 4-cyl, 1977cc 133bhp Wheelbase: 2840 mm AC


Ulasan:
Pertama kali muncul pada tahun 2000, muncul dengan pilihan 2.0 versi Bensinnya serta 2.7 versi solarnya(CMIIW). Mobil buatan Korea ini menyajikan kenyamanan serta kemewahan sebuah MPV.

Interior Trajet tergolong mewah, material dashboard terlihat kokoh, panel instrument sangat besahabat. Mengenai posisi duduk penumpang serta pengemudi,terasa nyaman. AC double blower siap menemani perjalanan anda. Kapasitas penumpang MPV rilisan Korea ini mampu menampung hingga 7 penumpang dewasa tanpa sesak, karena luasnya kabin yang dimiliki. Jok baris kedua model captain seat menjadi salah satu nilai plus dari Hyundai Trajet.

Trajet di sokong material suspensi yang cukup baik. Gejala body roll yang terjadi sangat minim. Menempuh kecepatan 140 kpj bukan hal yang sulit bagi Hyundai Trajet dengan bodynya yang bongsor. Namun tarikan bawahnya terasa kurang responsif, mungkin karena sejatinya Trajet merupakan MPV keluarga.

Konsumsi BBM yang tergolong boros untuk mobil tipe MPV keluaran negri Korea ini. Konsumsi BBMnya bisa mencapai 1:6-7(dalkot) serta 1:9-10(luar kota).

Ketersedian spare parts yang lumayan banyak dibandingkan kompetitor sekelasnya menjadi nilai plus tersendiri, namun di lain hal harga spareparts aslinya yang cenderung lebih mahal dibanding dengan harga spareparts kompetitor dikelasnya. Tapi bisa dicarikan parts-parts subtitusi kualitas di bawah aslinya, sangat banyak dan melimpah.

Dari segi mesin Trajet kurang memuaskan, untuk tarikan bawah terasa kurang responsif karena mobil rilisan Korea ini di desain untuk kendaraan MPV Touring.


Positif:
- Kabin yang luas
- Minim Body Roll
- Suara mesin halus
- 2nd row model captain seat
- interior yang mewah

Negatif:
- Radius putar yang pendek
- too much Blind Spot
- Kopling sedikit bermasalah, cat: terutama ketika tanjakan(subyektif)
- Konsumsi BBM tergolong boros(CMIIW)
- tarikan bawah kurang responsif


Ringkasan:

Tarikan Bawah kurang responsif
Dukungan suspensi yang cukup baik
Body roll yang minim
Peredaman Kabin yang baik

Konsumsi BBM yang boros tapi sebanding dengan kenyamanan yang didapatkan.

MPV dengan harga "murah" tapi dengan kualitas cukup menjanjikan.

Pendapat pribadi (subjective):

Hyundai Trajet kurang jago dalam hal tanjakan(transmisi manual) apabila telat memindahkan tuas gigi ke gigi 1. Cara mengakalinya bisa memodifikasi sektor mesinnya dengan porting polish atau bisa dengan cara menaikan kompresi sedikit.(catatan: sudah sering dengar pengalaman teman)

MPV Korea ini memiliki radius putar yang pendek, sehingga menyulitkan anda ketika melakukan U-Turn. Blind Spot Trajet terbilang cukup banyak, serta hidung mobil tidak terlihat.

Konsumsi BBMnya terbilang boros, penggunaan dalam kota bisa mencapai 1:6-7 sedangkan penggunaan luar kota mencapai 1:9-10.

Dari semua hal yang ada di atas Hyundai Trajet merupakan MPV yang cukup menjanjikan. Pas untuk pecinta keluarga. Kabinnya yang luas memungkinkan keluarga tercinta turut dalam perjalanan. Dengan harga second/bekas yang sangat terjangkau, sebanding dengan kenyamanan yang anda rasakan. MPV yang cukup nyaman serta cukup mewah. MPV yang sangat worth it untuk "dipelihara".

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar