Minggu, 30 Agustus 2009

Dunia Perkuliahan

KULIAH, YA jika anda mendengar sepintas kata kuliah apa yang berada atau tersirat dalam selaput otak anda? apa reaksi indra pendengaran kita atau indra penglihatan kita saat mendengar atau melihat kata 'kuliah' apakah reaksi yang anda berikan hanya sekedar reaksi datar saja yang anda tampilkan, reaksi tanda tak bersemangat ketika mendengar atau melihat kata 'kuliah', atau bahkan reaksi menolak atau reaksi yang muncul justru reaksi positif. Anda yang menentukan.

Sejujurnya saya sangat bersemangat dikala saya masih duduk di bangku SMA dan masih mengenakan seragam putih abu-abu, sesaat mendengar kata "kuliah". Bayangan yang ada bahwa kuliah itu mengasyikkan, menyenangkan. Dengan mengenakan baju bebas masuk tidak terlalu pagi, tidak terikat akan sebuah peraturan sekolah. Rambut boleh bebas, sepatu, baju dan lain sebagainnya tidak ada yang mendapat pengawasan ketat layaknya di bangku SD-SMA
Tapi ternyata dunia perkuliahan itu lebih kompleks dari yang saya pikirkan sewaktu duduk di bangku SMA. Begitu dangkalnya pemikiran sewaktu itu.

Banyak hal yang membedakan semasa bangku SMA dengan bangku kuliah. Tentu perbedaaan peraturan yang berlaku sehari-hari.
Kalau sewaktu kita duduk dibangku SMA kita masih terikat pada peraturan sekolah yang membingungkan, yang menyusahkan, yang menyulitkan. Semasa SMA kita terikat akan sebuah peraturan yang ditentukan sepihak oleh pihak sekolah. Semasa SMA kita masih diberikan arah, masih diberikan peringatan bila kita melakukan pelanggaran sekalipun pelanggran yang kita tak sadari.

Tapi di dunia perkuliahan tak ada lagi istilahnya 'REMINDER' atau apalah itu namanya. Anda mulai belajar untuk hidup mandiri dalam berbagai aspek, anda mulai belajar mempunyai integritas yang tinggi, anda diajarkan untuk bisa menentukan mana yang baik dana mana yang buruk, anda diajarkan untuk mempunyai tanggung jawab, walaupun semua pelajaran itu tidak diajarkan secara langsung, tetapi proses pembentukan karakter anda akan terliaht semasa di bangku kuliah. Kuliah itu sebenarnya semacam bentuk kesadaran kita saja untuk terus menuntut ilmu setinggi mungkin, sebisa mungkin, semampu mungkin.

Kuliah sebenernya berfungsi hanya untuk sebagai jembatan karir anda, sebagai penuntun, sebagai guide lines(semacam panduan).
Anda mau meniti karir di bidang apa, anda tertarik di bidang apa, anda mau jadi apa nantinya akan dibantu melaluli dunia perkuliahan. Dunia perkuliahan sangat tergantung pada pribadi masing-masing, karena pribadi anda lah yang mentukan mau dibwa kemana masa depan anda.

Dunia perkuliahan sepertinya akan memakan waktu senggangku lebih banyak dari pada waktu aku semasa duduk dibangku SMA, kuliah akan menyita banyak perhatian ku, akan banyak membutuhkan konsentrasi yang tinggi, membutuhkan ketrampilan membagi waktu.

Dalam dunia perkuliahan terdapat UKM(unit Kegiatan Mahasiswa) sebuah bentuk kegiatan non akademis. Hadir juga Himpunan Mahasiswa darai berbagai jurusan, fungsinya adalh untuk menampung aspirasi mahasaiswa, memfasilitasi mahasiswa dalam belajar berorganisasi.

Sepertinya bukan hal yang aneh lagi untuk mengikuti UKM, ikut seminar kesana kemari, tugas deadline yang menunggu:tugas mandiri diberikan dosen kita sebagai prasyarat mengikuti ujian, tugas mandiri menjadi salah satu indikator kita apakah kita ini orang yang berkompeten, apakah kita ini orang yang punya integritas yang tinggi, belum lagi menghadapi berbagai macam tipe dosen. kuliah memang akan menyita waktu senggangku.

Bagi beberapa orang yang belum siap tentunya dunia perkuliahan dianggap seperti horor, menakutkan, mengerikan, membosankan, dsb.

Pribadi kita nanti akan terbentuk untuk melihat bagaimana cara kita menghadapi suatu masalah dengan bebagai macam analisis kasus, bagaimana kita mencari problem solving yang paling tepat, bagaimana kita bisa berpikir cepat(think quick) dan tepat(think right), bagaiamana kita menghadapi situasi yang tidak menguntungkan, mendesak atau apalah anda menyebutnya.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar